TAMAN SOEKASADA (TAMAN UJUNG KARANGASEM)

Taman Soekasada, atau lebih terkenal dengan nama Taman Ujung Karangasem, adalah sebuat taman di banjar Ujung, desa Tumbu, kecamatan Karangasem, Karangasem, Bali. Di masa Hindia Belanda tempat ini dikenal dengan nama Waterpaleis atau “istana air”.

 

Menurut Wikipedia, sejarah Taman Sukasada dibangun oleh raja Karangasem I Gusti Bagus Jelantik, yang bergelar Anak Agung Agung Anglurah Ketut Karangasem. Pada awalnya luasnya hampir 400 hektar, tetapi sekarang hanya tinggal sekitar 10 hektar. Kebanyakan tanah tersebut sudah dibagikan kepada masyarakat pada masa land reform. Taman ini adalah milik pribadi keluarga Puri Karangasem. Namun pengunjung umum diperbolehkan mengunjunginya. Taman Sukasada dibangun tahun 1909 atas prakarsa Anak Agung Anglurah. Arsiteknya adalah seorang Belanda bernama van Den Hentz dan seorang Cina bernama Loto Ang. Pembangunan ini juga melibatkan seorang undagi (arsitek adat Bali). Taman Ujung sebenarnya adalah pengembangan dari kolam Dirah yang telah dibangun tahun 1901. Pembangunan Taman Ujung selesai tahun 1921. Tahun 1937, Taman Sukasada diresmikan dengan sebuah prasasti marmer yang ditulisi naskah dalam aksara Latin dan Bali dan dua bahasa, Melayu dan Bali.

 Image

Taman Ujung akan memberikan Anda pengalaman liburan yang berbeda dari tempat wisata lainnya, mengapa? karena Taman Ujung merupakan suatu Bangunan peninggalan pada jaman kerajaan Karangasem terdahulu. Suasana sejarah akan terasa ketika Anda memasuki kawasan ini, perpaduan arsitektur berukiran khas Bali dengan ornamen disana-sini yang terkesan art deco pengaruh Kolonial Balanda, ini terlihat dari Mozaik Kaca yang terdapat disalah satu sudut bangunan mengingatkan kita pada bangunan tua peninggalan Belanda. Langkah kita memang harus sering terhenti, melihat penuh kagum atau sekedar untuk berfoto yang nantinya mungkin Anda akan share di akun jejaring sosial Anda. Mari kita lanjutkan berjalan untuk meniti anak tangga yang cukup curam untuk melihat keseluruhan area taman, kolam dan bangunan lainnya yang terdapat di sana, dan sesampai di atas sana Anda akan mendapat bonus pemandangan yang tak kalah indahnya, yaitu panorama laut dan gunung dikejauhan yang membuat Anda melupakan pegal dikaki ketika menaiki anak tangga. Tempat ini merupakan tempat favorite bagi mereka yang sedang melakukan foto prewedding.

 

KAWASAN TAMAN UJUNG

 

Area bagian kolam ada Balai Gili dan Balai Kambang. Balai Gili terletak di tengah kolam, dengan dua jembatan yang menghubungkan bangunan ini, dulu Balai Gili merupakan tempat istirahat keluarga raja, ini terlihat dari adanya tempat tidur raja dan juga beberapa foto-foto jaman dulu yang memperlihatkan kehidupan pada masanya. Sedangkan Balai Kambang merupakan bangunan yang berada di selatan dan hanya mempunyai satu jembatan penghubung. Dulunya Balai Kambang merupakan tempat pertemuan dan jamuan makan bagi tamu kerajaan. Dibagian atas kawasan Taman Ujung terdapat Balai Lunjuk dan Balai Kapal, terletak disebelah Barat Laut dan berada di ketinggian di sinilah tempat sang raja memberikan titah dan perintah kepada para abdi kerajaan. Balai kapal sebenarnya adalah pintu masuk utama, raja yang datang akan masuk melalui Balai Kapal dan dari sinilah raja bisa melihat kapal-kapal yang melewati selat Lombok.

 

Jika Anda ingin berkunjung ke Taman Ujung disarankan memilih waktu di pagi hari agar jika sampai di sana Anda tidak akan merasakan udara yang panas ketika menjelang siang. Akses menuju ke Taman Ujung Dari Bandara Ngurah Rai di Tuban, Badung, bisa melalui jalan bypass Jalan Ida Bagus Mantra yang menghubungkan Badung dengan Karangasem. Perlu waktu sekitar dua jam dari Bandara Ngurah Rai menuju Karangasem. (berbagai sumber)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s