NASI JINGGO (KULINER KHAS BALI)

Beberapa hari ini tulisan kami selalu membahas tentang tempat wisata yang ada di Bali, sekarang kami akan menulis tentang salah satu kuliner murah meriah yang tetap memberikan sensasi tersendiri. Bukan Karena tempat wisatanya sudah habis dibahas, tapi kami hanya ingin memberikan artikel yang beragam, dan untuk kali ini kita akan membahas tentang NASI JINGGO. yupss.. Nasi Jinggo adalah salah satu kuliner khas Bali yang semakin hari semakin populer dikalangan wisatawan, ini bisa menjadi alternatif kuliner anda ketika sedang berlibur di Bali. Jika diperhatikan sebenarnya Nasi Jinggo tidak beda dengan nasi lainnya dengan lauk ayam suir, mie, tempe kering dan sambal. Jika di Jawa ada Nasi Kucing, di Lombok ada Nasi Puyung, maka di Bali  ada Nasi Jinggo.

Apa yang khas dari Nasi Jinggo?

Nasi Jinggo adalah hidangan murah meriah yang sangat populer di Bali. Khususnya di kota Denpasar dan Badung. Hidangan ini awalnya diperuntukkan bagi para pekerja malam. Awalnya, sekitar tahun 1980-an, Nasi Jinggo hanya tersedia di emperan toko jalan Gajah Mada di kawasan Pasar Badung, Denpasar, antara pukul 23.00 hingga dini hari. Di situlah, selain pekerja malam, para mahasiswa, pelajar asik nongkrong sambil menikmati Nasi Jinggo. Dari merekalah menyebar informasi tentang kenikmatan nasi jinggo.Hingga kini menyebar hampir ke seluruh sudut kota Denpasar dan Badung, bahkan ke beberapa kota di Bali. yang khas dari Nasi Jinggo, nasi beserta lauk-pauknya dibungkus dengan daun pisang, jika dilihat pembungkusnya cukup besar dibanding isinya, dengan isi yang “sekecil” itu kami yakin Anda akan menghabiskan beberapa bungkus Nasi Jinggo untuk membuat Anda benar-benar kenyang🙂 tapi jangan khawatir sebanyak apapun anda makan Nasi Jinggo tak akan membuat kantong anda bolong karena kisaran harga Nasi Jinggo untuk saat ini adalah Rp. 3000/ bungkus. Selain ukurannya yang kecil satu lagi kekhasan Nasi Jinggo terletak pada sambal yang super pedas, ini cocok bagi anda penggemar rasa pedas. Tapi bagi mereka yang tidak suka pedas jangan khawatir karena pedagang menyiapkan Nasi Jinggo dengan sambal yang tidak terlalu pedas.

Image

Untuk mendapatkan Nasi Jinggo di kota denpasar Anda bisa menuju ke arah Pasar Badung karena di sana ada pedagang Nasi Jinggo yang memang terkenal, lapaknya di emperan toko elektronic dan buka sekitar jam 8 malam sampai dini hari. Namun di beberapa sudut kota Denpasar akan banyak anda jumpai pedangan Nasi Jinggo tapi kami tidak menjamin rasanya. Jika Anda berada di seputaran Kuta, Anda bisa menemukan  pedagang Nasi Jinggo di dekat Pasar Kuta ( setahu kami disana yang paling enak). Jadi tertarik menikmati Nasi Jinggo di suasana malam kota? masukkan ini direncana liburan Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s