PENJOR BALI

Penjor adalah salah satu sarana Upakara dalam merayakan Hari Raya Galungan bagi umat Hindu Bali, dan merupakan simbul Gunung yang memberikan keselamatan dan kesejahteraan, seperti halnya Gunung Agung, di mana terletak Pura Besakih yang merupakan tempat pemujaan terbesar bagi umat Hindu.

Penjor merupakan simbol Gunung Agung di mana Gunung adalah sumber dari kesuburan dan kemakmuran, Segala pala bungkah- pala gantung dan sajen pada sanggah penjor, melambangkan persembahan terhadap Bhatara di Gunung Agung ( Bethara Giri Putri). Hanya penjor yang menggunakan unsur lengkap (sanggah, padi, pala bungkah dan sebagainya) dapat dipergunakan dalam upacara keagamaan menurut fungsinya.


Bahan untuk membuat  penjor adalah sebatang bambu yang ujungnya melengkung, dihiasi dengan daun. kelapa/ daun enau yang muda serta daun- daunan lainnya (Palawa). Perlengkapannya adalah pala bungkah (umbi- umbian) misalnya ketela rambat; pala gantung seperti kelapa, mentimun, pisang dan sebagainya; pala wija (biji- bijian) yaitu- jagung, padi dan sebagainya jajan. 11 uang kepeng/logam, serta sanggah lengkap dengan sesajennya. Pada ujung penjor digantungkan sampian penjor lengkap dengan porosan (sirih; kapur, pinang) dan bunga. Pada hari Kuningan sesajennya dilengkapi dengan endongan, tamiang dan kolem.

Tujuan pemasangan penjor sebagai swadharma umat Hindu untuk mewujudkan rasa bhakti dan terima kasih ke hadapan Hyang Widhi Wasa dalam prabawa- NYA sebagai Hyang Giripati. Pemasangan penjor dilaksanakan pada hari Anggara (Selasa) Wage wara Dungulan (sehari sebelum Galungan) setelah menghaturkan “banten Penampahan Galungan”. Penjor dapat dicabut pada hari Redite (Minggu)Umanis Langkir (sehari setelah Kuningan). Penjor dipasang atau ditancapkan pada “lebuh” di depan sebelah pintu masuk pekarangan rumah. Sedangkan sanggah dan lengkungan ujung penjor menghadap ke tengah jalan.

Nah, Jika Anda berlibur ke Bali pada saat perayaan Galungan maka Anda akan melihat deretan penjor di sepanjang jalan di hampir seluruh penjuru pulau Bali. Pemandangan ini merupakan pemandangan extra bagi Anda selain pemandangan alam nan indahnya. (berbagai sumber) 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s