JENIS UANG YANG MESTI DIBAWA SAAT LIBURAN

Bagaimana cara membawa uang yang banyak saat di perjalanan? Masalah juga ternyata. Belum lagi memikirkan harga tukar uangnya kalau ke luar negeri. Terutama lagi keamanannya. Dari berbagai jenis uang, pastikan memilih yang cocok dan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan.

Setidaknya, ada 4 macam uang yang bisa dibawa saat di perjalanan.

1. Uang Tunai. Jenis uang ini adalah jenis yang paling simpel penghitungannya. Penggunaannya juga paling ramah saat di perjalanan dalam artian ekonomis. Hal yang harus diwaspadai adalah keamanannya karena rentan dengan aksi kriminal misalnya copet, perampokan dan penukaran uang palsu. Bisa juga lupa menyimpan atau terjatuh. disarankan membawa uang tunai secukupnya dan tidak berlebihan. atur pemakaian uang tunai saat anda membelanjakannya.

2. ATM. Jenis uang ini jelas lebih mudah dan ringan membawanya. ATM juga sangat membantu bila membutuhkan transaksi keuangan seperti transfer atau pengiriman uang. Bila menggunakan ATM di luar negeri harus memperhitungkan nilai kurs yang biasanya lebih mahal dan tambahan biaya tarik tunai. Selain itu pastikan di tempat tujuan terdapat mesin ATM dan memiliki kerja sama dengan bank asal ATM. Masih ada beberapa tempat dalam negeri atau negara tertentu yang sangat minim ATM, misalnya pedalaman pulau Kalimantan atau negara Myanmar.

3. Kartu Kredit. Terlihat simpel memang tapi jangan pernah lupa memperhitungkan harga nilai kursnya yang sangat mahal, pembayaran saat jatuh tempo, dan terhitung sebagai utang. Penggunaannya juga tidak bisa di sembarang tempat dan tidak semua negara ramah dengan kartu kredit, terutama asal Indonesia.

Kartu kredit cocok sebagai jenis uang cadangan yang dipakai saat mendesak. Bila tidak, sebaiknya tidak dipergunakan.

4. Treveler cheque atau cek perjalanan. Nyaman untuk dibawa berpergian karena bentuknya simpel. Dicairkan juga bisa sesuai kebutuhan tapi perhitungkan waktu operasional bank. Jangan sampai membutuhkan uang saat bank tutup, saat malam hari atau hari libur misalnya. Pastikan juga bank di tempat tujuan, apalagi di luar negeri, memiliki kerja sama dengan bank yang mengeluarkan cek. Cek perjalanan cocok untuk perjalanan yang panjang, lebih dari 7-10 hari.

Nah itu dia beberapa jenis uang yang bisa anda pergunakan pada saat Anda berlibur. semoga bermanfaat (sumber : Kompas Travel)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s